"Seekor kerang mutiara akan menjadi kerang yang tak memiliki nilai apa pun bila tak ada mutiara di dalam cangkangnya. Tahukah bagaimana caranya seekor kerang dapat menghasilkan sebutir mutiara yang indah? Di dalam cangkangnya yang keras dipaksakan masuk sebuah benda asing untuk mengganggunya. Bagi sang kerang, benda asing itu menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Begitu pula musibah yang menimpa manusia, semakin berat musibah yang menimpanya kelak akan menghasilkan mutiara yang semakin besar dan indah pula. Kesabaran itu pahit untuk dikecap tapi kelak akan membuahkan keindahan yang tak ternilai."

Menjadi kaya dan bahagia

>> Minggu, 02 Agustus 2009


Cara Menjadi Kaya dan Bahagia dalam 5 menit


Pernahkah Anda mendengar peribahasa asing yang berbunyi: In the valley of the blind, One eyed man is the king ?

Artinya adalah: orang yang hanya memiliki 1 buah mata adalah raja di sebuah desa yang seluruh penduduknya buta. Inilah konsep kebahagiaan. Memang, orang yang hanya memiliki 1 buah mata akan dianggap cacat bagi orang yang memiliki mata normal sepasang. Tapi bagi orang yang buta atau tidak memiliki mata sama sekali, maka orang yang hanya memiliki mata sebelah dianggap spesial karena memiliki apa yang tidak mereka miliki.


Demikian pula dengan kebahagiaan. Kita tidak akan pernah mendapatkan kebahagiaan selama kita selalu memandang ke atas.

Memang orang yang hanya memiliki mata sebuah,akan merasa memiliki kelebihan dibanding orang yang buta. Tapi bila ia berada pada penduduk yang semuanya bermata normal sepasang, maka ia hanyalah orang yang dianggap cacat karena tidak memiliki apa yang orang lain miliki. Tak butuh waktu lama bagi si mata satu untuk merasa sedih dan tidak bahagia bila berada di lingkungan orang yang bermata normal sepasang.

Dengan memandang kebawah, kita jadi semakin mensyukuri terhadap apa yang kita miliki. Sedangkan melihat keatas kita justru menginginkan apa yang tidak kita miliki.

Kemudian apakah arti kaya ? Kaya menurut bahasa Arab adalah ghaniyyu, yaitu arti sesungguhnya adalah tidak menginginkan apapun selain yang kita miliki. Jadi, walaupun kita memiliki seluruh kekayaan di dunia, selama kita masih menginginkan rembulan, maka kita kembali menjadi fakir. Hal ini karena kita tetap saja menginginkan apa yang tidak kita miliki.

Menjadi kaya dan bahagia tidak selalu berhubungan dengan berhasilnya mendapatkan harta, benda, maupun karunia yang sebanyak-banyaknya. Menjadi kaya dan bahagia adalah proses menata hati kita sendiri menuju jalan yang diridhoi oleh Allah Azza wa Jalla, yaitu dengan mensyukuri apa yang kita miliki dan tidak menginginkan apa yang tidak kita miliki.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Rasulullah SAW bersabda: Seandainya anak cucu Adam mempunyai dua lembah harta, tentu ia masih menginginkan yang ketiga. Padahal yang memenuhi perut anak cucu Adam hanyalah tanah. Dan Allah menerima tobat orang yang mau bertobat.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra:
Bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika seseorang dari kalian memandang orang yang melebihi dirinya dalam harta dan anak, maka hendaknya ia juga memandang orang yang lebih rendah darinya, yaitu dari apa yang telah dilebihkan kepadanya

Hadis riwayat Abu Hurairah ra:
Bahwa Rasulullah SAW bersabda: Kaya itu bukanlah lantaran banyak harta. Tapi, kaya itu adalah kaya hati.

Setelah Anda selesai membaca tulisan ini selama 5 menit, kini Anda dapat mempraktekannya alam hidup Anda sehingga menjadi lebih kaya dan lebih bahagia. (http://mutiaradibalikmusibah.blogspot.com)


2 komentar:

Anonim Selasa, Agustus 04, 2009  

Blog ini benar-benar telah menggugah hidup saya... terima kasih... keep posting...

sitta wulandari

Adrie Jumat, Agustus 07, 2009  

Sesungguhnya orang yang paling kaya adalah orang yang paling bersyukur..!
Maka marilah kita bersyukur....

Hot Info !!!

Dapatkan Buku ini secara gratis dengan tanda tangan pengarang eksklusif untuk Anda !!!

Caranya: Silahkan Curhat tentang musibah yang sedang menimpa Anda atau teman Anda di Buku Tamu tepat di samping kanan. Kemudian sebutkan alasan mengapa Anda layak mendapatkan buku ini.

Pengirim terbaik akan mendapatkan Buku Gratis "Mutiara Dibalik Musibah, Perjalanan Mencari Cinta yang Hanya untuk Allah".

Tanya Mbah Gugel

Buku tamu: Testimonial dan Curhat di sini

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP